Covid-19 Kabupaten Tangerang Melonjak, Krisis Tempat Tidur

KBRN, Jakarta: Kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Tangerang melonjak tajam, dengan total 6.085 orang yang terkonfirmasi positif. 

"Kita lihat dari satu minggu terakhir, ini bisa dilihat peningkatan cukup signifikan. Jadi kalau tanggal 1 Januari kita melihat kasus aktif itu ada 302, pada hari ini itu ada 329 kasus, kemudian yang dirawat juga dari 130 tanggal 1 sekarang 186 yang kita rawat," ungkap Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandardalam Dialog KPCPEN, Jumat (22/1/2021).

Tingginya kasus Covid-19 membuat Kabupaten Tangerang mengalami masalah keterisian ruang perawatan dan ICU pada rumah sakit, begitu pun dengan rumah singgah yang disiapkan untuk isolasi.

"Kapasitas tempat tidur memang setiap bulan kami selalu update dengan 3 rumah sakit umum Kabupaten Tangerang dan 23 rumah sakit umum swasta yang ada di sekitar wilayah Kabupaten Tangerang. Jadi total tempat tidur per hari ini ada 836 tempat tidur," ujarnya.

"Begitu juga dengan kapasitas ICU, walaupun ada penambahan tapi juga occupancy rate nya sangat tinggi sekali. Seperti hari ini saja dari 46 tempat tidur ICU sudah 44 terisi. Begitu juga dengan rumah singgah, kita persiapkan 180 kamar semuanya sudah terisi bahkan antreannya cukup tinggi," tambahnya.

Untuk mengantisipasi kepenuhan tersebut, Zaki dan pihaknya menyebut akan menambah jumlah tempat tidur dan ICU. Ia menyebut di Februari, akan ada penambahan sekitar 150 tempat tidur dan sekitar 12 ICU.

"Apabila di Februari jumlah kasusnya masih tinggi, kami juga sedang mempersiapkan alternatf berikutnya yakni mengoperasikan rumah singgah. Di sana ada sekitar 100 kamar yang bisa terisi 120 pasien," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00