'Jokowi' Dijadikan Nama Jalan, Penghargaan Untuk Indonesia

Nama Jokowi Digunakan Sebagai Nama Jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (Doc Istimewa) .jpg

KBRN, Jakarta: Penamaan nama jalan terhadap seorang sosok kepala negara atau kepala pemerintahan menjadi suatu bentuk penghormatan. Banyak nama pahlawan dan juga nama pendiri bangsa (founding fathers), yang dijadikan nama jalan di berbagai negara. 

Hal itu kini dirasakan oleh Presiden RI Joko Widodo. Namanya diabadikan di satu ruas jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, yang dia unggahnya dalam sebuah postingan di akun Instagram milik pribadinya. 

"Seruas jalan di kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab kemarin diresmikan sebagai Presiden Joko Widodo Street oleh Syeikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Chairman Abu Dhabi Executive Office," tulis Jokowi di akunnya pada Selasa (20/10/20). 

Baca Juga: Nama 'Jokowi' Dijadikan Nama Jalan di UEA

Menurut Jokowi, lokasi yang dinamakan menggunakan namanya adalah lokasi yang strategis, karena tidak jauh dari lokasi kantor Perwakilan Diplomatik dan juga Abu Dhabi National Exhibition Center.  

"Jalan yang membela kawasan Abu Dhabi National Exhibition Center dengan Embassy Area yg ditempati sejumlah Kantor Perwakilan Diplomatik itu menggunakan nama saya," ucapnya bangga.

Tulisan Jokowi Tentang Namanya Dijadikan Nama Jalan di UEA (Doc Instagram Jokowi) .jpg

Bagi Jokowi, ini melambangkan kedekatan hubungan antara Indonesia dan juga Uni Emirat Arab, yang sudah bekerjasama dalam berbagai bidang. 

"Ini tentu sebentuk penghargaan dan kehormatan. Bukan untuk saya pribadi semata-mata, tetapi untuk Indonesia. Sebuah gamabran betapa eratnya hubungan di antara dua negara yang kini bekerja sama dalam berbagai bidang," kata Jokowi lagi.

Secercah harapan pun membuncah dari momentum tersebut.  

"Di balik penamaan jalan itu, tersimpan harapan semoga hubungan kedua negara semakin kokoh, saling menguatkan, dan bermanfaat bagi rakyat Uni Emirat Arab dan Indonesia," harap Jokowi. 

Selain Jokowi, sudah ada nama Presiden Soekarno, presiden RI pertama yang namanya diabadikan di dua negara, yaitu Maroko dan Mesir. Lalu, ada pula RA Kartini, tokoh emansipasi wanita Indonesia, yang namanya diabadikan di Amsterdam, dengan nama Raden Adjeng KartiniStraat, dan juga KartiniStraat di Harlem, Belanda. (PR/Foto:IGJokowi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00