Satu Tahun Jokowi-Maaruf: Inovasi di Tengah Pandemi

Jokowi-Maruf

KBRN, Jakarta: Hari ini, tepat di tanggal 20 Oktober 2020 kepimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin memasuki satu tahun dalam memimpin Indonesia periode kedua. Dalam satu tahun masa kemimpinan, diketahui muncul sebuah kejadian luar biasa yakni pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 memang terlihat sangat mempengaruhi program kerja pemerintah di tahun ini. Namun, dengan berbagai macam cara pemerintah lakukan untuk menuntaskan janjinya dan menyelesaikan pandemi yang menyerang Indonesia dalam kurang lebih setahun ini.

Diketahui dalam beleid laporan, terdapat beberapa pembahasan terkait "Dari Pandemi Jadi Inovasi". Seperti halnya yang dirilis melalui laman resmi KSP.go.id, Selasa (20/10/2020) mengenai hal tersebut.

"Kreativitas seringkali muncul di tengah kesulitan dan krisis. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggalang inovasi di bidang teknologi. Tidak kurang dari 60 inovasi hasil riset dikembangkan untuk menghadapi pandemi," rilis yang RRI kutip dari laman resmi KSP.go.id, Selasa (20/10/2020).

Ventilator Resusitator Manual (VRM) buatan PT Pindad sedang diuji di Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/4/2020). Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa .jpeg

Produk inovasi utama yang dikembangkan dalam setahun ini dalam melawan pandemi di antaranya berupa Robot Dekontaminasi, atau Rapid Diagnostic Test Microchip, Robot Medical Assistant ITS - UNAIR (RAISA) hingga Mobile Ventilator Low Cost berhasil ditemukan untuk memudahkan perlawanan pada pandemi.

Sementara itu, ada pula hasil produk inovasi pendukung yang menghasilkan produk-produk makanan dan minuman dengan bahan alami untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, ada pula sebuah kreativitas kikis krisis di tengah pandemi Covid-19 ini. 

Seperti halnya masyarakat yang juga melahirkan berbagai inovasi. Para pedagang yang biasanya selalu mengandalkan penjualan secara langsung, kini dengan berani memasarkan produknya secara daring.

"Pembatasan pasar, membuat masyarakat secara mandiri melayani lingkungannya dengan saling memenuhi kebutuhan sehari-hari," lanjutnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00