Kronologi Kerusakan Mesin Lion Air Boeing 737-900ER

(Dok: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menyampaikan kronologi seputar kerusakan mesin yang dialami pesawat Pesawat Lion Air JT177 nomor registrasi PK-LGZ rute penerbangan Lombok-Surabaya, sesaat setelah mengudara dari Bandara Internasional Lombok (BIL), yang berada di Desa Tanak Awu Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (29/9/2020).

"Pesawat Lion Air dioperasikan sesuai standar dan prosedur (SOP)," kata Danang dalam keterangan tertulisnya yang diterima rri.co.id, Selasa (29/9/2020). 

Menurutnya, Lion Air telah mempersiapkan penerbangan JT-177, pesawat Boeing 737-900ER menjalani pemeriksaan sebelum keberangkatan serta dinyatakan laik dan aman untuk terbang (airworthy for flight). 

Lion Air penerbangan JT-177 hari ini (29/9/2020) lepas landas dari Bandar Udara Internasional Zainudin Abdul Majid tepat waktu (on time) dengan jadwal keberangkatan pukul 16.40 WITA. Dalam penerbangan ini, Lion Air  membawa tujuh kru beserta 114 penumpang.

"Setelah mengudara beberapa menit, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal (return to base/ RTB) dikarenakan gangguan teknis ada komponen yang membutuhkan pemeriksaan kembali di darat," terangnya. 

Menurutnya, tindakan ini sudah sesuai prosedur operasional, guna memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan. Atas koordinasi dan kerjasama yang baik antara pilot, petugas di darat dan pengatur lalu lintas udara, pesawat mendarat dengan selamat pukul 17.15 WITA.

"Setelah pesawat udara parkir pada tempatnya dan pada posisi sempurna, seluruh penumpang diarahkan ke  ruang tunggu terminal, guna mendapatkan pelayanan serta informasi lebih lanjut," jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00