Penumpang KRL Mulai Dilarang Pakai Masker Scuba

(Foto: ANTARA)

KBRN, Jakarta: PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) per hari ini Senin (21/9/2020) melarang penumpang menggunakan pemakaian masker scuba dan buff.

"Sebagai upaya lanjutan menekan penyebaran Covid-19 di KRL, mulai Senin (21/9) KCI mewajibkan seluruh penggunanya untuk memakai masker yang terbukti efektif dalam mencegah droplet / cairan yang keluar dari mulut & hidung. Hal ini sesuai dengan berbagai penelitian yang telah dilakukan," kata KCI di akun resmi Twitternya seperti dikutip RRI pada Senin (21/9/2020).

Selain itu, VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba juga menjelaskan bahwa upaya ini dilakukan karena sudah mencoba berbagai penelitian.

"Hal ini sesuai dengan berbagai penelitian yang telah dilakukan mengenai jenis masker yang efektif yaitu setidaknya jenis masker kain yang terdiri dari tiga lapisan atau masker kesehatan untuk pemakaian sehari-hari," ungkap VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba.

Ia juga mengingatkan bahwa calon penumpang juga diajak untuk memperhatikan penggunaan masker yang benar, yaitu selalu menutupi hidung dan mulut hingga ke dagu.

Namun, bila dibandingkan masker kain yang lain, jenis masker tersebut lebih tipis dan tidak masuk pada standar kesehatan yang diberlakukan.

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Corona atau Covid-19 Wiku Adisasmito memperingatkan kepada masyarakat agar tidak memakai masker berjenis scuba dan buff sebab masker jenis itu mempunyai bahan yang tipis dan satu lapis.

“Masker scuba atau buff hanya satu lapis saja dan terlalu tipis sehingga kemungkinan untuk tembus tidak bisa menyaring lebih besar," kata Wiku Adisasmito saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Rabu 16 September lalu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00