KASAD Diminta Fasilitasi Konflik KKSB Intan Jaya

Foto (Dok. Ist)

KBRN, Jakarta: Kepala Staf TNI AD (KSAD), Jendral Andika Prakasa diminta memfasilitasi penyelesaian konflik yang dibuat Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Kabupaten Intan Jaya, Papua, yang telah merenggut banyak korban jiwa.

Anggota Komisi I DPR RI, Yan Mandenas meminta pembentukan tim investigasi, untuk mencari fakta sebab dan akibat kronologi kejadian, serta cepat menangkap pelaku khusus kejadian di pekan ini. 

"Saya terus memonitor apa yang terjadi di Kabupaten Intan Jaya dalam sepakan ini. Maka saya langsung menghubungi KSAD, Jendral Andika Prakasa kemarin malam," ungkap Yan Mandenas dalam keterangan, Senin (21/9/2020).

"Khusus penembakan yang terjadi terhadap hamba Tuhan, saya akan mengawal sampai tuntas, agar diungkapkan jelas para pelakunya. Ini perlu diseriusi oleh semua pihak," tutur Yan Mandenas.

Dengan begitu, Yan berharap, tidak hanya pelaku yang ditangkap, namun otak atau dalang dibaliknya.

"Dengan begini, ada langka-langkah ke depan untuk menyelesaikan masalah konflik dan mendeteksi ancaman ganguan kemanan di daerah tersebut. Termasuk langkah tegas mengungkap siapa dalang penembakan hamba Tuhan yang terjadi tadi malam," tegasnya. 

Yan meminta hasil investigasi diserahkan ke pihak legislator di pusat, untuk kemudian menjadi bahan evaluasi bersama unsur pemerintah dan juga Panglima TNI dan DPR RI. 

"Pada beberapa waktu mendatang kami akan mendorong dan menjadwalkan khusus rapat bersama institusi terkait soal rentetan aksi itu," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00