Enam Provinsi Indonesia Terancam Kebakaran Hutan-Lahan

KBRN, Jakarta: Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Ruandha Agung mengatakan, pemerintah daerah telah menetapkan siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di enam provinsi.

Yaitu, Provinsi Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Selatan. 

"Data ini akan memudahkan kita untuk melakukan upaya-upaya pemadaman apabbila terjadi kebakaran di wilayah tersebut," kata Ruandha saat Media Briefing Tentang Pngendalian Karhutla secara daring, Jumat (14/8/2020).

Ruandha memaparkan upaya pencegahan Karhutla secara permanen ini seperti arahan instruksi Presiden Joko Widodo. 

KLHK, kata dia, telah merangkum tiga langkah strategis dalam upaya pencegahan karhutla secara permanen. Itu terdiri dari analisis, operasional dan pengelolaan landscape. 

"Pertama jelas, kita sudah punya Satgas Terpadu untuk mendeteksi dini menyiapkan pemadaman ketika adanya laporan kebakaran. Lalu, kita akan monitoring cuaca dan menganalisis untuk menentukan operasi modifikasi cuaca. Kemudian kita bisa melibatkan masyarakat peduli api di wilayah setempat," kata Ruandha. 

Upaya terakhir bakal ilakukan KLHK dalam penanganan Karhutla 2020, yakni penegakan hukum bagi korporasi yang kedapatan membakar lahan secara sengaja. 

"Kita akan memberikan konsesi atau pembukaan lahan tanpa bakar untuk lahan pertanian dan perkebunan dalam upaya pengendalian pasca kebakaran hutan dan lahan," kata dia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00