Akhir Agustus Pemerintahan akan Bubarkan 13 Lembaga

KBRN, Jakarta : Setelah resmi membubarkan 18 lembaga/badan dan komite, pemerintah kembali akan melakukan hal serupa dalam waktu dekat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, mengungkapkan, hingga 13 lembaga/badan dan komite pemerintahan, ditargetkan akan dibubarkan atau diintegrasikan pada akhir Agustus.

“Sekarang Kemenpan dan RB bersama BKN, Setneg dan Kemenkeu, mempersiapkan rancangan Perpres pembubaran tahap kedua yaitu lebih kurang 11-13 lembaga/badan dan komite,” ungkap Tjahjo Kumolo dalam pembukaan Rapat Koordinasi Penyederhanaan Birokrasi, Selasa (11/8/2020) secara daring.

Dijelaskan Tjahjo, pihaknya juga mengusulkan agar Lembaga/badan maupun komite yang dibentuk melalui Undang-undang, turut dilakukan pengintegrasian.

“Ini perlu waktu karena akan dibahas bersama DPR,” imbuhnya.

Dikatakan Tjahjo setidaknya terdapat 96 lembaga/badan dan komite yang berpotensi dibubarkan.

“Kalau sekarang masih ada 96 badan/Lembaga maupun komite, kemudian sudah dipangkas 18 lewat Perpres nomor 82 (Tahun 2020-red). Insha Allah akhir bulan ini akan ada 11-13 (pembubaran),” terang Tjahjo.

Tjahjo berharap dengan adanya pengintegrasian Lembaga/badan maupun komite pemerintah tersebut, akan menciptakan informasi birokrasi yang lebih efisien.

“Saya kira nanti akan terbentuk sebuah informasi birokrasi dalam konteks kelembagaan/badan yang lebih efisien,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00