13 Lembaga Dibubarkan, Siap-siap PNS Jadi Pengangguran

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) tengah mempersiapkan daftar 13 badan, lembaga, dan komisi yang akan dibubarkan.

Menurut, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo menyatakan, bahwa badan, komisi, atau lembaga negara itu dihapus karena tumpang tindih dan tidak produktif.

"Sekarang kami mempersiapkan di atas 13 badan, lembaga, komisi yang harus dihapus karena sudah tumpang tindih dan tidak produktif," kata Tjahjo Kumolo di Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Politisi PDI-Perjuangan ini juga merekomendasikan beberapa lembaga negara yang dibentuk dengan undang-undang untuk juga dibubarkan. 

Namun, pembubaran lembaga negara yang dibentuk dengan undang-undang memerlukan waktu panjang karena pemerintah harus berkoordinasi dan membahasnya bersama dengan DPR RI. 

"Tentunya ini butuh proses waktu," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membubarkan 18 lembaga, badan, dan komisi dengan alasan efisiensi pengeluaran negara.

Dia ingin kapal yang membawa beban sesedikit mungkin agar mampu bergerak cepat.

"Bolak balik kan saya sampaikan, negara cepat bisa mengalahkan negara yang lambat. Bukan negara gede mengalahkan negara yang kecil," kata Jokowi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00