Besok, 1.620 Relawan Disuntik Calon Vaksin COVID-19

(Dok: Antaranews)

KBRN, Jakarta: Holding BUMN Farmasi, induk dari PT Kimia Farma Tbk (KAEF) dan PT Indofarma Tbk (INAF), yakni PT Bio Farma (Persero) bakal mulai menyuntikkan vaksin kepada relawan yang sudah mendaftarkan diri untuk uji klinis tahap ketiga ini besok, Selasa (11/8/2020).

Uji klinis ini akan melibatkan 1.620 relawan yang telah mendaftarkan diri sebelumnya.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan relawan yang terlibat ini telah melewati proses screening kesehatan sebelumnya sesuai dengan ketentuan yang dibutuhkan.

"Besok rencana penyuntikan perdana vaksin untuk UK3 [uji klinis 3]. Relawan yang terlibat dalam UK3 sebanyak 1.620 orang," kata Honesti Senin (10/8/2020) seperti dilansir CNBC Indonesia. 

Dia menjelaskan, relawan ini sebelumnya telah menjalani proses cek kesehatan hingga dinyatakan tak terjangkit Covid-19 baik melalui rapid dan swab test.

Para relawan ini juga melalui proses wawancara dengan tim yang akan melakukan uji klinis untuk memberikan info terkait hal-hal dan protokol yang harus dipatuhi oleh relawan selama melalui masa uji klinis ini.

Kata Honesti, selama proses uji klinis ini hal yang paling penting dilakukan oleh para relawan adalah selalu menjaga kesehatannya.

Seperti diketahui, Bio Farma melakukan uji klinis tahap ketiga atas vaksin hasil kerja sama dengan perusahaan bioteknologi asal China, Sinovac. Kerja sama untuk uji klinis ini dilakukan Bio Farma bersama dengan Fakultas Kesehatan Universitas Padjadjaran.

Rencana produksi juga telah disiapkan dengan kapasitas 100 juta dosis per tahun dan Desember nanti akan tersedia hingga 250 juta dosis per tahun.

Rencananya, Presiden Joko Widodo meninjau langsung hari pertama proses uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac di Kota Bandung pada Selasa (11/8/2020).

Uji klinis vaksin COVID-19 itu akan dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Padjajaran, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Jawa Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00