Veteran di Bandung Turut Berjuang Melawan Covid-19

Di kantor Para Veteran Bandung

KBRN,Bandung: Wali Kota Bandung, Oded M. Danial sangat mengapresiasi dengan semangat juang para veteran yang hingga sekarang ini tetap membara. Meski sudah memasuki usia lanjut, mereka turut berjuang melawan pandemi Covid-19.

Oded melihat kehadiran para veteran untuk melaksanakan upacara peringatan Hari Veteran Nasional ini memberikan banyak pelajaran. Selain penghormatan terhadap sejarah, namun juga menjadi cerminan terhadap keteladanan, kedisiplinan dan cinta tanah air terhadap generasi yang lebih muda.

“Kalau kita lihat perjuangan mereka ketika dulu zaman penjajah menghadirkan kemerdekaan. Ini keteladanan dari mereka semangat di dalam perjuangan harus kita terus teladani,” ujar Oded usai upacara peringatan Hari Veteran Nasional di halaman Kantor LVRI Kota Bandung, Jalan Aceh, kota Bandung, senin, (10/08/2020.

Selain itu dikatakan Oded, pelajaran paling mendasar dari para veteran ini yakni kedisiplinan mereka memelihara kebugaran tubuh. Hal ini sangat relevan dengan kondisi kekinian di Indonesia yang tengah berjuang melawan musibah kesehatan.

Kendati tergolong pada kategori rentan terpapar, namun Oded mengaku sangat salut dengan semangat para veteran yang tampak antusias dan khidmat ketika mengikuti jalannya upacara. Sehingga dia meyakini para pejuang Indonesia ini juga tangguh ketika ikut berjuang menghadapi Covid-19.

“Ini menjadi cerminan bagaimana para veteran dalam menjaga kesehatan sangat luar biasa. Ini menjadi pelajaran bagi kita para junior. Ternyata yang secara umum kita melihat lansia ini, tapi kesehatannya melebihi para anak muda. Saya optimis karena veteran ni sudah sangat disiplin menghadapi tantangan kehidupan,” tambahnya.

Oded juga tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada para veteran yang sudah ikut disiplin menjaga protokol kesehatan. Bahkan kaum lansia ini turut andil dalam memberikan edukasi kepada masyarakat guna memutus rantai penyebaran virus corona.

“Para veteran ini walaupun sudah lansia tapi menghadapi pandemi mereka terus ikut berperan serta mengikuti program pemerintah. Mulai dari disiplin diri di keluarga sampai ikut mengedukasi masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua LVRI Kota Bandung, Patmo berterima kasih kepada semua pihak yang sudah mendorong upacara peringatan Hari Veteran Nasional ini agar bisa terlaksana. Lantaran acara ini sempat akan diurungkan karena adanya pandemi Covid-19.

Meski begitu, Patmo memastikan, acara tetap menerapkan standarisasi protokol kesehatan yang sangat ketat. Sehingga, para pesertanya pun ikut dibatasi.

Patmo menyebutkan sekarang ini di Kota Bandung terdata sebanyak 1.448 anggota LVR dari beragam kategori. Kemudian terdata 517 orang warakawuri atau istri dari para pejuang yang sudah gugur.

“Mereka yang datang ini ketua ranting di 30 kecamatan aja, undangan saya batasi dan peserta juga kita batasi. Tiga miggu lalu 30 anggota kita ikuti tes swab dan hasilnya negatif, karena saya sudah menginstrksikan para anggota untuk mengikuti potokol kesehatan,” katanya.

Lebih lanjut Patmo menambahkan, perjuangan di saat pandemi Covid-19 ini tidaklah mudah. Karena bangsa Indonesia harus berhadapan dengan sesuatu yang tak kasat mata. 

“Berat sekarang, karena sekarang itu kita berjuang musuhnya tidak kelihatan, beda dengan seperti penjajah dulu. Sekarang karena musuh tidak kelihatan, kita pakai cara supaya waspada mengikuti protokol kesehatan,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00