Presiden: Pandemi Covid-19 Momentum Percepat Transformasi Digital

KBRN, Jakarta : Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, pandemi virus corona (Covid-19) harus menjadi momentum bagi Indonesia untuk mempercepat transformasi digital.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas secara virtual tentang perencanaan transformasi digital dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin (03/08/2020).

Menurutnya, cara kerja di berbagai sektor kehidupan mulai berubah selama masa pandemi ini.

“Karena di masa pandemic maupun next pandemic ini mengubah secara struktural, cara kerja, cara beraktivitas, cara berkonsumsi, cara belajar, cara bertransaksi yang sebelumnya offline dengan kontak fisik menjadi lebih banyak ke online dan digital,” kata Jokowi, Senin (3/8/2020).

Ia lantas memerintahkan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johny G Plate, untuk melakukan percepatan perluasan akses dan pengingkatan infrastruktur digital.

"Pertama, segera lakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital. Saya kira kemarin kita sudah bicara dengan Menkominfo mengenai ini," jelasnya.

Menurut Jokowi, jajarannya harus mempercepat penyediaan layanan internet di 12.500 desa atau kelurahan serta di titik layanan publik lainnya.

"Kemudian percepatan penyediaan layanan internet di 12.500 desa atau kelurahan serta di titik-titik layanan publik," imbuhnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga memerintahkan Menkominfo, untuk menyusun roadmap transformasi digital di sektor strageis baik di pemerintahan, layanan publik, pendidikan, kesehatan, perdagangan, industri dan penyiaran.

"Jangan sampai infrastruktur digital yang sudah kita bangun justru utilitasnya (manfaat) sangat rendah," ujar Jokowi.

Berdasarkan data IMD World Digital Competitiveness pada 2019, Indonesia berada di peringkat 56 dari 63 negara. Posisi Indonesia lebih rendah dibandingkan beberapa negara tetangga, seperti Thailand di posisi 40 dan Malaysia 25. Bahkan, Singapura berada di posisi dua.

"Oleh karena itu, perlu menjadi perhatian kita bersama," tandas Jokowi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00