Anies Baswedan: Masjid Tetap Mengumandangkan Takbir

Salah satu ikon DKI Jakarta, Masjid Istiqlal.(Dok.Ist)

KBRN, Jakarta : Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan supaya masyarakat merayakan malam Takbiran dan Salat Id dirumah saja. Imbauan itu ditetapkan lantaran Jakarta masih dirundung situasi pandemi Covid 19 sekarang ini.

"Kita laksanakan kegiatan Takbir dan Salat Id di rumah masing masing. Di rumah, menggaungkan kalimat Takbir. Biarkan Takbir bergema di tiap hati, tiap rumah di kawasan Jakarta," ungkap Anies di Balaikota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Sementara, untuk operasional masjid  di Jakarta, menurutnya harus tetap mengumandangkan Takbir menjelang hari kemenangan Idul Fitri 1441 Hijriah yang akan jatuh, pada Ahad, (24/5/2020). Tentunya, kata dia, itu juga dengan pembatasan jumlah orang yang berada di dalam masjid.

Ketetapan hari 1 Syawal 1441 Hijriah ini berdasarkan pemantauan hilal yang dilakukan Kementerian Keagamaan sore tadi. 

"Masjid masjid teruslah mengumandangkan Takbir, dengan jumlah lima orang. Mengumandangkan Takbir di masjid," ungkap mantan Mendikbud RI ini.

Kemudian, dia mengingatkan pentingnya keterlibatan semua pihak supaya pencegahan penularan Covid 19 ini dapat berhasil. Sehingga, lanjutnya, masyarakat dapat beraktivitas dengan normal kembali.

"Terakhir, diteruskan atau tidak PSBB tergantung pada kita semua," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00