Ternyata Virus Corona Ada Tujuh Jenis, Semuanya Mematikan

KBRN, Jakarta : Virus Corona ternyata banyak jenisnya. Hal itu dikatakan Direktur Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkmen, Professor Amin Subandrio.

"Keluarga besar Coronavirus, sebagian besar sih, menyerang hewan. Tapi, sejauh ini sudah ada enam jenis, sudah termasuk SARS, MERS, Coronavirus yang sudah diketahui menyerang manusia," kata Amin kepada rri.co.id, Minggu (26/1/2020).

Dia mengatakan saat ini jumlah virus Corona itu sudah menjadi tujuh di tengah mewabahnya virus Corona dari Wuhan. Virus Corona di Wuhan, dikabarkan pertama kali menyerang para pedagang hewan liar yang menjadi menu makanan masyarakat di sana.

Baca juga : Mewabah Virus Corona di RRC, LBM Eijkmen Siap Uji Laboratorium

"Terbaru, muncul adalah 2019 Novel Coronavirus atau 2019-nCov itu yang ada di Wuhan, Cina," terang dia.

Enam virus corona lain yang dapat menginfeksi manusia adalah adalah 229E (alpha coronavirus), NL63 (alpha coronavirus), OC43 (beta coronavirus), dan HKU1 (beta coronavirus), Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), dan Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus (MERS-CoV).

Menurut Prof Amin, 2019-nCov itu dapat menular dari hewan ke manusia dan manusia ke manusia. 

"Gejala yang dialami orang ketika terjangkit virus ini antara lain batuk, flu, demam, sesak nafas, kesulitan pernafasan, gagal nafas, gagal ginjal, hingga mengakibatkan kematian," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00