Jokowi Bantah Bangun Dinasti Politik Keluarga

KBRN, Bekasi : Presiden Joko Widodo membantah kabar adanya dinasti politik di keluarganya. Kabar ini menyeruak pasca putra sulungnya, Gibran Rakabuming dan menantunya Bobi Nasution yang sama-sama mencalonkan diri dalam pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020. Kepala Negara mengatakan, bahwa sudah menjadi keputusan Gibran dan Bobi untuk terjun ke dunia politik. 

"Kan sudah saya sampaikan bolak-balik, bahwa itu sudah menjadi keputusan (mereka). Tanyakan langsung ke anaknya," ujar Jokowi, di Bekasi, Kamis (12/12/2019). 

Menurut Jokowi, meski Gibran dan Bobi mencalonkan diri untuk maju dalam Pilkada serentak 2020, masih belum tentu terpilih, karena keputusan berada sepenuhnya di tangan rakyat, sebagai pemegang hak pilih. 

"Itu kan sebuah kompetisi. Kompetisi bisa menang bisa kalah. Terserah rakyat yang memiliki hak pilih. Siapapun mempunyai hak memilih dan dipilih. Ya, kalau rakyat ngga memilih, gimana (bisa menang)?" tanya Jokowi. 

Ia pun menegaskan, dirinya tidak pernah menunjuk Gibran dan Bobi untuk maju mencalonkan diri dalam Pilkada Serentak.

"Ini kompetisi, bukan penunjukan. Beda. Tolong dibedakan." Pungkas Jokowi. 

Seperti diketahui, Gibran Rakabuming putra sulung Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo maju dalam kontestasi Pemilihan Wali KOta Solo, Jawa Tengah. Sementara Bobi Nasution, menaantu Jokowi dan Iriana, akan mengikuti kontestasi Pemilihan Wali Kota Medan, Sumatra Utara. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00