Selesaikan Isu HAM, Komnas HAM dan Menko Polhukam akan Berkoordinasi

KBRN, Jakarta : Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD terkait kasus-kasus pelanggaran HAM dan masalah Papua.

"Koordinasi dalam berbagai isu tadi memang kita lanjut diskusi soal pelanggaran Ham bagaimana penyelesaiannya. Ada berbagai ide yang muncul yang Yudisial non Yudisial dan kita juga bicara tentang Papua bagaimana menyelesaikan masalah papua.  Dan paling akhir bicara tentang tren yang kita sebut sebagai intoleransi ekstrimisme bagaimana cara mengatasinya,"  kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, di Jakarta, Senin (25/11/2019).

Untuk pembahasan Papua sendiri kedua belah pihak sepakat membangung komunikasi yang konstruktif. Menko Polhukam Mahfud MD memastikan penyelesaian Papua harus melindungi Hak Asasi Manusia dan hak negara.

"Kita akan koordinasi mencari cara penyelesaian yang komperhensif sehingga tidak terkesan penyelesaiannya hanya satu jalan,  Bidang budaya dan dialog-dialog penyelesaian secara damai bukan secara kekerasan, dari sana tidak boleh melakukan kekerasan kita pun tidak boleh melakukan kekerasan," terangnya.

Rencananya Menko Polhukam akan melakukan kunjungan ke Papua dan melakukan dialog dengan tokoh masyarakat Papua dalam waktu dekat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00