Rakyat Semangat Teruskan Cita-cita Bangsa, Karena Proklamasi

Presiden Joko Widodo (tengah) selaku inspektur upacara memberikan hormat saat pengibaran bendera Merah Putih dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). HUT ke-77 RI tersebut mengangkat tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. ANTARA FOTO/POOL/Sigid Kurniawan/rwa.

KBRN, Jakarta: DPR menilai proklamasi membuat rakyat bangga sehingga bersemangat meneruskan cita-cita bangsa. Hal itu diungkapkann Anggota Komisi III DPR Adang Daradjatun. 

"Kemerdekaan kan impian, makna proklamasi sendiri itu pengumuman. Mengakibatkan rakyat bangga dengan proklamasi," katanya saat berbincang dengan Pro 3 RRI, Rabu (17/8/2022). 

Menurutnya, cita-cita pendiri bangsa jelas dalam pembukaan UUD 1945. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum.

"Soal kesejahteraan umum, presiden sudah menyampaikan APBN 2023. Rakyat menginginkan uang itu dipergunakan dengan baik," katanya.

Terkait mencerdaskan bangsa menurutnya Indonesia 2045 akan menjadi negara besar. Maka harus dijalankan dengan baik cita-cita pendiri bangsa. 

"Kalau tidak tepat pergunakan cita-cita pendiri bangsa. Maka tidak akan tercapai," katanya. 

Presiden Joko Widodo menyampaikan Pengantar Pemerintah atas RUU Tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangan. Hal ini disampaikan dalam Sidang MPR dan Sidang Tahunan Bersama DPR RI dan DPD RI.

Dalam pidatonya Presiden Jokowi menyampaikan lima fokus APBN 2023. Pertama adalah penguatan SDM unggul yang inovatif dan berdaya saing. 

Kedua, presiden menyampaikan fokus APBN adalah nfrastruktur guna mendukung konektivitas. Ketiga adalah birokrasi dan penyederhanaan regulasi. 

Keempat kemajuan industri dengan mendukung hilirisasi. Serta yang terakhir adalah pengembangan energi hijau dan berkelanjutan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar