Ketua MPR: Kehadiran Fisik Sidang Tahunan 100 Persen

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta/Dokumentasi/Bunaiya/RRI.jpg

KBRN, Jakarta: Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mengatakan, sidang tahunan kali ini digelar dengan kehadiran 100 persen. Sidang Tahunan MPR 2022 dan Sidang Bersama DPR-DPD RI digelar di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menjelaskan, agenda kenegaraan tersebut akan dimulai pada pukul 09.30 WIB. "Dimulai pembukaan sidang Ketua MPR, dan Ketua DPR untuk mendengarkan pidato dalam rangka HUT RI dari Presiden," katanya.

Sidang ini dihadiri 575 anggota DPR, 134 anggota DPD, jajaran menteri dan pimpinan lembaga tinggi negara. Sidang Tahunan ini juga mengundang 103 duta besar, para  Mantan Presiden dan Wakil Presiden, hingga para Ketum Parpol. 

Sidang Tahunan diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Tamu, undangan, bahkan wartawan yang meliput diwajibkan melakukan tes Covid-19 swab PCR sebelum mengikuti sidang tersebut.

Agendanya, Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD RI diawali Pidato Pengantar Sidang Tahunan MPR Tahun 2022. Pidato disampaikan langsung oleh Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI.

Setelah itu, Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR-DPD RI akan disampaikan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Presiden Joko Widodo kemudian menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara, dan Pidato HUT Ke-77 RI hingga istrahat makan siang.

Pukul 13.30 WIB acara dilanjutkan dengan Pidato Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023 Ketua DPR RI. Selanjutnya Presiden Jokowi menyampaikan pengantar/keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangan.

Presiden lalu menyampaikan RUU APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukung kepada Ketua DPR RI. Kemudian penyampaian Nota Keuangan dan Dokumen Pendukung serta Surat Permintaan Pertimbangan dari Ketua DPR RI kepada Ketua DPD RI.

Dua tahun belakangan, akibat pandemi Covid-19, Sidang Tahunan MPR RI tidak digelar dengan kehadiran fisik 100 persen. Sebab sidang digelar dengan kehadiran fisik dan daring. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar