Presiden Resmikan Tower A dan B RSUD Soedarso

Presiden Joko Widodo menandatangani prasasti peresmian Tower A dan B RSUD Dr. Soedarso, Pontianak, Kalimatan Barat, Selasa (9/8/2022). (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tower A dan B RSUD Dr. Soedarso, Pontianak, Kalimatan Barat, Selasa (9/8/2022).

Pada kesempatan itu, Kepala Negara mengatakan RSUD Dr. Soedarso telah memiliki layanan yang modern. Sehingga masyarakat setempat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri.

“Saya cek ada 277 tempat tidur. Saya melihat ruang operasi, ICU, semuanya sudah super modern," ujarnya. "Jadi saya ingatkan tidak usahlah kita keluar, di sini sudah siap dan cukup untuk menangani penyakit yang ada.” 

Presiden mengaku merasa sedih jika mendengar masyarakat Indonesia berobat ke luar negeri. Misalnya ke Singapura, Jepang, Amerika Serikat atau Malaysia. 

Jokowi juga mendengar bahwa sebagian masyarakat Kalimantan Barat (Kalbar) kerap memilih berobat ke luar negeri. Tepatnya ke ke Kuching, Malaysia.

"Saya paling sedih kalau mendengar ada warga negara kita yang sakit kemudian perginya ke luar negeri,," katanya.

Menurut Presiden, total uang yang dibelanjakan untuk pengobatan orang-orang Indonesia di luar negeri jumlahnya besar. "Capital outflow kita untuk membiayai orang Indonesia yang sakit dan berobat ke luar negeri mencapain lebih dari Rp110 triliun setiap tahunnya," katanya menegaskan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar