BMKG Berperan Penting Mengamati Fenomena Perubahan Iklim

Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Laksmi Dhewanthi (Foto: Dokumentasi RRI)

KBRN, Jakarta: Data dan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sangat berguna dalam melihat perkembangan fenomena perubahan iklim. Demikian disampaikan Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Laksmi Dhewanthi. 

"Kementerian LHK selalu menggunakan data BMKG untuk mengamati fenomena perubahan iklim. Misalnya, proyeksi perubahan iklim di Indonesia atau bagaimana terjadinya kenaikan suhu rata-rata global," kata Laksmi dalam Rakornas BMKG 2022 bertema  "Peran Info BMKG Dalam Mendukung Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Nasional" secara virtual, Senin (8/8/2022).

Menurut Dirjen, secara global Kementerian LHK sudah berkomitmen untuk menjaga agar kenaikan suhu rata-rata permukaan bumi secara global tidak melebihi 2 derajat Celcius. 

"Bahkan kita dituntut untuk melakukan upaya-upaya lebih agar tidak lebih dari satu setengah derajat celcius," ujar Laksmi. 

Sementara itu, lanjutnya, dampak perubahan iklim kini mulai terasa. Hal ini ditandai dengan terjadinya perubahan curah hujan, kenaikan suhu laut, kenaikan muka air laut dan terjadinya gelombang tinggi.

"Tentu saja ini menjadi tantangan kita semua dan perlu disikapi lebih lanjut," kata Laksmi, menegaskan. "Indonesia sejak awal berkomitmen untuk menjadi bagian komunitas global dalam upaya menekan kenaikan suhu rata-rata permukaan bumi," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar