Info BMKG Sangat Bermanfaat Bagi Kementerian LHK

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Laksmi Dhewanthi mewakili Menteri LHK dalam Rakornas BMKG 2022 - Peran Info BMKG Dalam Mendukung Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Nasional secara virtual, Senin (8/8/2022). DOK. RRI

KBRN, Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengaku terus melakukan sinergi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Ini sangat berguna agar kerja pengendalian perubahan iklim nasional menjadi semakin baik. 

"Sebetulnya kerjasama KLHK dengan BMKG sudah sangat erat bahkan setiap hari," kata Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Laksmi Dhewanthi mewakili Menteri LHK dalam Rakornas BMKG 2022 - Peran Info BMKG Dalam Mendukung Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Nasional secara virtual, Senin (8/8/2022).

Lebih jauh, Laksmi mengungkapkan, sebagai lembaga Pemerintah non Kementerian, BMKG memiliki kemampuan dalam mengumpulkan dan menganalisis data di bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika. Tentu saja ini membantu mitigasi dalam kebakaran hutan. 

"Kita punya posko yang secara otomatis dan data dari BMKG diambil atau kita gunakan contohnya bagaimana suhu udara kemudian sebaran titik api, serta intensitas curah hujan," ujarnya. 

Oleh karenanya, ucap dia, Kementerian LHK dengan BMKG sudah menjadi mitra dalam pengendalian kebakaran hutan dengan menggunakan data-data yang telah disajikan. 

"Kita akan melihat daerah-daerah mana di Indonesia yang bisa atau yang perlu menjadi perhatian akan timbul titik api. Ini menjadi target untuk intervensi baik mitigasi maupun adaptasi perubahan iklim," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar