Gempa 4,5 M Guncang Lombok Tengah, Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi Gempa. Foto: Istimewa

KBRN, Jakarta: Gempa bumi dengan magnitudo 4,5 mengguncang Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (6/8/2022) sekitar pukul 1.01 Wita dini hari.

Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Dari analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi  terletak pada koordinat 9,74° LS; 116,32° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 115 kilometer tenggara Lombok Tengah, NTB pada kedalaman 27 kilometer.

Melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, catatan BMKG, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Tengah III MMI.

Selain itu gempa juga dirasakan di Kabupaten Lombok Barat II MMI. Getaran dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Dari hasil pemodelan dengan sumber gempa bumi tektonik ini menunjukkan bahwa hingga Sabtu, 6 Agustus 2022 pukul 01.45 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Septhiadi mengimbau, agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenaranya, dan menjauhkan diri dari benda yang berpotensi rubuh.

"Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa," kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septhiadi dalam keterangan tertulis.

Dirinya juga mengimbau agar memeriksa kerusakan rumah tempat tinggal akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar