Presiden Anugerahkan Bintang Bhayangkara Nararya Tiga Personel Polri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan tanda jasa Bintang Bhayangkara Nararya kepada salah satu anggota Polri, pada upacara hari ulang tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara yang digelar di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022). (Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan tanda jasa Bintang Bhayangkara Nararya kepada tiga anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). 

Penganugerahan tersebut dilakukan pada upacara hari ulang tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara yang digelar di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022). 

Gelar kehormatan ini merujuk Keputusan Presiden Nomor 48/TK/2022 yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden, Marsda TNI M Tonny Harjono. 

“Menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya kepada mereka yang nama pangkat dan jabatannya tersebut dalam lampiran keputusan ini,” kata Tonny saat membacakan Keputusan Presiden yang dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Adapun ketiga anggota Polri yang penerima tanda jasa Bintang Bhayangkara Narariya adalah, pertama Kombes M. Alfian Hidayat yang memiliki Nomor Registrasi Pokok (NRP) 75050906. 

Ia bertugas sebagai Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kedua, AKP Sri Poniyah dengan NRP 72040051. Sri saat ini bertugas sebagai Pamin Taud Bagrenmin Slog Polri. 

Terakhir, Aiptu Ahmad Mustain dengan NRP 77030403. Ia bertugas sebagai Paurwatpers Bag SDM Polres Jayapura, Polda Papua.

Dikutip dari berbagai sumber, Bintang Bhayangkara adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk menghormati jasa seseorang memajukan dan mengembangkan Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

Penghargaan ini ditetapkan secara resmi pada tahun 1961. Bintang ini berada setingkat di bawah Bintang Yudha Dharma.

Bintang Bhayangkara diberikan kepada mereka yang berjasa luar biasa melampaui panggilan kewajiban yang disumbangkan terhadap kemajuan dan pengembangan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Bintang ini juga dapat diberikan kepada WNI bukan anggota Polri yang berjasa memajukan dan mengembangkan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Bintang Bhayangkara memiliki tiga kelas. yaitu Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Bhayangkara Pratama, dan Bintang Bhayangkara Nararya.

Bintang Bhayangkara Nararya adalah kelas terakhir dari Bintang Bhayangkara. Kelas ini setara dengan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Bintang Jalasena Nararya, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar