KN Singa Laut Usir Kapal Marshall Islands

KN Singa Laut-402 Usir Kapal Marshall Islands (Foto: Humas Bakamla RI)

KBRN, Jakarta: KN Singa Laut-402 yang sedang melaksanakan patroli mengusir kapal Motor Vessel berbendera Marshalli Islands. Peristiwa ini terjadi di perairan Kalimantan bagian utara, Kamis (30/6/2022).

Melihat ada pergerakan kapal yang mencurigakan, Komandan KN Singa Laut-402 Letnan Kolonel (Letkol) Badan Keamanan Laut RI Hermawan mendekati serta melaksanakan komunikasi radio. Hasil komunikasi menyebutkan kapal tersebut bernama MV.True Cardinal.

"Kapal itu berhenti di tengah jalur lintas kapal ALKI II, yang dapat membahayakan keamanan dan keselamatan lalu lintas kapal yang berlayar," kata Hermawan. Pernyataan itu disampaikannya melalui keterangan pers tertulis yang dirilis Bakamla.

Menanggapi teguran dari KN Singa Laut-402, MV. True Cardinal langsung mengubah halu menuju area lego jangkar. Setelah kapal asing itu pergi, KN Singa Laut-402 kembali melanjutkan patroli.

Patroli laut selalu dilakukan Bakamla mengingatkan perairan Indonesia yang begitu luas. Bakamla tidak ingin sejengkalpun perairan Indonesia kecolongan dengan masuknya kapal tanpa izin.*

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar