Hewan Ternak Jakarta Belum Vaksin PMK

Petugas Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian memeriksa kondisi sapi asal Nusa Tenggara Timur (NTT) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (10/6/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.

KBRN, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum melakukan vaksinasi ke hewan ternak untuk mencegah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). 

"Vaksin kami mengikuti dari pemerintah pusat dalam hal ini kementerian pertanian, secara kuotanya sudah dapat tetapi vaksinnya itu sendiri belum, jadi DKI Jakarta belum melakukan vaksinnya," ucap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati saat berbincang dengan Pro 3 RRI, Rabu (22/6/2022). 

PMK ini, menurutnya, bukanlah penyakit yang menular dari hewan ternak ke manusia atau sebaliknya. Sehingga diimbau masyarakat jangan panik namun tetap waspada. 

"Susu dan ternak turunannya masih aman dikonsumsi," katanya. 

Menurutnya, strategi yang dilakukan dengan melengkapi surat keterangan hewan dan melakukan pengobatan serta melakukan biosecurity.

"Kuncinya menurut saya biosecurity, disinfeksi, supaya menjadi hal yang sangat penting jangan sampai menjadi pembawanya," ucapnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar