Kasus Covid-19 Naik, Aturan Baru Keramaian Disesuaikan

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (Foto:Tangkapan Layar YouTube BNPB)

KBRN, Jakarta: Satgas Penanganan Covid-19 menerbitkan aturan baru terkait penyelenggaraan acara yang melibatkan keramaian orang melalui Surat Edaran Nomor 22 Tahun 2022. Penyesuaian ini dilakukan karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, kriteria protokol kesehatan bagi agar acara yang melibatkan banyak orang yakni dengan memenuhi ketentuan kapasitas sesuai leveling Kabupaten/Kota yang diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri, dan kedua, tersedianya Tim Pengawas protokol kesehatan dengan jenis personel dan jumlah yang memadai. 

"Nantinya pengawas protokol kesehatan memiliki dan memastikan prosedur skrining dan protokol kesehatan berjalan baik dari saat hendak masuk, sedang menjalankan acara, maupun saat hendak menyelesaikan kegiatan," ujar Wiku dalam Konferensi Pers Perkembangan Penanganan Covid-19 secara virtual, Selasa (21/6/2022). 

Ketiga, tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung di antaranya tersedianya fasilitas pemeriksaan suhu tubuh dan atau mekanisme pemeriksaan gejala pada pintu masuk yang memadai termasuk sistem pembuangan limbah sesuai prosedur. 

"Tersedianya QR code PeduliLindungi pada pintu masuk dan pintu keluar kawasan kegiatan serta sistem data pengawasan kapasitas sesuai ketentuan yang diatur kementerian kesehatan," urainya. 

Selanjutnya, memiliki mekanisme testing atau pemeriksaan spesimen Covid-19 yang memadai, serta memiliki mekanisme tindak lanjut baik tracing maupun treatment kasus positif pelaku kegiatan berskala besar yaitu dengan menyediakan fasilitas isolasi terpusat khusus maupun bekerja sama dengan rumah sakit rujukan terdekat. 

"Penyesuaian kebijakan ini akan terus dipantau implementasinya sesuai data dan kondisi real yang ada di lapangan," kata Wiku. 

Penyelenggara acara juga diimbau untuk melakukan penyesuaian pelaksanaan acara sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran acara. 

"Khususnya kepada Pemerintah Daerah dimohon segera menindaklanjuti Surat Edaran ini dengan peraturan daerah masing-masing, dukung implementasi yang lebih baik atas Surat Edaran ini di lapangan dengan penyediaan fasilitas vaksinasi booster serta fasilitas penunjang Covid-19 yang baik," tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar