Forum Ekonomi Dunia, Menkominfo Sampaikan Kemajuan Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (tengah) memberikan keterangan kepada wartawan. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym.

KBRN, Davos: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyampaikan, Indonesia akan menyampaikan kemajuan Infrastruktur Digital di Indonesia pasca Pandemi Covid-19, pada Gelaran World Economy Forum (WEF) 2022.

“Pada gelaran WEF 2020 saya menggambarkan potret infrastruktur di Indonesia, sekarang saya berikan update bahwa Covid-19 tidak menyetop Indonesia meneruskan pembangunan infrastruktur digital mulai dari pembangunan layer backbone, fiberoptic dan the last mile,” kata Johhny saat menyampaikan sesi diskusi bertajuk “Deepending Digital Growth in the Economic Landscape” di Indonesia Pavilion Davos, Swiss (23/5/2022).

Johhny menggambarkan, pemerintah saat ini telah membangun jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 459.111 kilometer, pembangunan lebih dari 500.000 BTS untuk optimalisasi jaringan 4G dan penyediaan sembilan satelit untuk mendukung kebutuhan telekomunikasi dan digital di Indonesia diantaranya didukung oleh satelit SATRIA-I dan Hot Backup Satellite (HBS).

“Diharapkan melalui pengembangan infrastruktur TIK dan inisiatif untuk mendukung ekonomi digital dapat menjadi enabler bersama mengembangkan pertumbuhan sektor digital kita, mulai dari ecommerce, edutech, fintech dan bank digital, serta telehealth,” katanya.

Untuk mendukung agenda transformasi digital, Kementerian Kominfo telah melakukan pengembangan sumber daya digital di Indonesia melalui program Digital Talent, diantaranya keterampilan digital dasar, telah memberikan pelatihan sebanyak 12,6 juta peserta, dan menargetkan mencapai 5,5 juta peserta pada 2022. 

Keterampilan digital menengah  mencapai 223.000 peserta hingga tahun 2021 dan menargetkan mencapai 200.000 peserta tahun 2022. Sementara itu keterampilan digital tingkat lanjut, program ini telah memberikan pelatihan untuk 370 peserta.

World Economic Forum Annual Meeting merupakan konferensi tingkat tinggi yang dihadiri oleh beberapa kepala negara, pimpinan perusahaan global, pemimpin organisasi politik, penemu-penemu di bidang sains dan kebudayaan dari 90 negara.

WEF 2022 kembali digelar setelah sempat vakum akibat pandemi Covid-19. WEF 2022 digelar di Davos, Swiss pada 22-26 Mei 2022. Seperti di tahun-tahun sebelumnya, Indonesia akan kembali berpartisipasi di WEF 2022. 

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan didukung sejumlah kementerian lain seperti Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kemenkominfo, Kemenperin, Kementerian ESDM, dan beberapa kementerian dan lembaga lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar