Pelonggaran Masker, Kemenag Tunggu Protokol Ibadah

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Hilman Latief saat memberi penjelasan mengenai pelonggaran masker saat ibadah haji dan umroh, Selasa (17/5/2022). Foto : Pradipta Rahadi/rri.co.id

KBRN, Jakarta : Kementerian Agama RI masih akan menunggu arahan protokoler dari Pemerintah Arab Saudi mengenai pelonggaran masker untuk jemaah haji dan umroh. Hal disampaikan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Hilman Latief dalam keterangannya kepada awak media di Asrama Haji Jakarta, Selasa (17/5/2022). 

"Nanti kita lihat protokol yang akan diberlakukan seperti apa, relaksasi yang sudah diterapkan di sana seperti apa," ujar Hilman. 

Ia menyebut, pada saat pelaksanaan umroh lalu, sudah banyak jemaah yang lepas masker saat melaksanakan ibadah. Tidak hanya itu, jaga jarak atau social distancing pun sudah tidak diberlakukan.

"Memang waktu umrah kemarin, sudah banyak yang lepas masker, tidak ada jarak, social distancing tidak ada, jadi sudah bebas," tambah Hilman.  

Namun demikian, masih ada beberapa protokol tertentu yang masih diterapkan, layaknya program vaksinasi lengkap.

"Tapi masih ada protokol-protokol tertentu yang diterapkan, misalnya vaksinnya dulu. Kalau orang sudah divaksin semua, PCRnya bersih, apa yang ditakutkan? Mungkin ke sana arahnya," jelasnya. 

Hilman pun menuturkan bahwa masalah pelonggaran masker nanti pada saat Ibadah Haji tentu masih menunggu peraturan yang akan dikeluarkan pihak penyelenggara dan tuan rumah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar