Detik-detik Waisak Dhammacakka Jaya Prokes Ketat

Umat Buddha yang hendak memperingati detik-detik Tri Suci Waisak di Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya, Sunter Agung, Jakarta Utara, antre melewati beberapa langkah pemeriksaan protokol kesehatan (prokes) ketat sejak dari gerbang masuk, Senin (16/5/2022). (Miechell Koagouw/RRI)

KBRN, Jakarta: Persiapan Puja Bakti detik-detik Tri Suci Waisak berlangsung dalam protokol kesehatan (Prokes) ketat di Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya, Sunter Agung, Jakarta Utara, Senin (16/5/2022).

Vihara yang merupakan pusat kegiatan umat Buddha Jabodetabek ini memang menerapkan aturan kesehatan ketat karena pandemi Covid-19 belum usai.

"Iya ini kebijakan panitia. Kami harus menjaga umat juga," sebut Ditha, salah satu panitia yang ditemui RRI.co.id di lokasi, Senin.

Ditha menuturkan, dari gerbang masuk nantinya umat sudah harus scan aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan dokumen hard copy bagi yang tidak memiliki aplikasi, kemudian pemeriksaan suhu, cuci tangan, dan mesti registrasi ulang.

"Umat yang hadir memang mendaftar secara online, jadi melewati registrasi ulang. Setelah lolos cek aplikasi, suhu tubuh, registrasi ulang, barulah umat dapat masuk ke area ibadah untuk mencari tempat duduk yang nyaman. Panitia juga akan mengarahkan nanti," papar Ditha.

Ribuan umat sudah mulai memadati kompleks Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya sejak pukul 08.00 WIB.

Banyak di antara mereka sengaja datang lebih dahulu supaya dapat tempat parkir dan yang terutama tempat duduk.

Namun panitia sudah mengantisipasi kemungkinan membludaknya umat hari ini dengan menyiapkan bangku-bangku ekstra.

Upacara pembacaan Paritta dan meditasi detik-detik Waisak dipimpin oleh Bhikku Sangha, dengan Aradhana Dhammadesana dipimpin Y.M. Bhikku Ratanadhiro.

Puja Bakti detik-detik Waisak 2566/2022 mengangkat tema, Moderasi Beragama Membangun Kedamaian.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar