Museum Basoeki Abdullah Gelar Kegiatan 'Gerebek Museum'

KBRN, Jakarta: Bulan Mei tahun 2022, diperingati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Museum Internasional,  Museum Basoeki Abdullah menggelar kegiatan Gerebek Museum pada Sabtu (145/2022).  Tema yang diangkat adalah “The Power of Museum”,  mengikuti tema hari Museum Internasional yang telah dicanangkan ICOM (International Council of Museums). 

Kepala Museum Basoeki Abdullah, Maeva Salmah, mengatakan museum memiliki potensi untuk membawa perubahan positif pada lingkungannya melalui 3 lensa yaitu kekuatan mengubah dunia sekitar yang meliputi kekuatan untuk mencapai keberlanjutan, kekuatan inovasi dalam digitalisasi dan aksesibilitas serta kekuatan membangun komunitas melalui pendidikan. Maka khusus pada kegiatan Gerebek Museum tahun 2022  diisi dengan kegiatan utama berupa melukis bersama dan pertunjukkan seni. 

"Melukis bersama melibatkan 16 komunitas dengan 114 pelukis yang melukis pada 16 kanvas berukuran 2x1 meter. Pertunjukan seni menampilkan Musical Notes Band (Band Difabel dari Institusi Musik Jalanan), A-Team Band, Group tari Sudin Kebudayaan Jakarta Selatan, Nnops Dance dan Sketsa Komedi Lawak Betawi oleh Sanggar Cagar Budaya yang didukung penampilan Opie Kumis, Mpo Engkar dan Sabar Bokir, "kata Maeva Salmah. 

Kegiatan pendukungan berupa photobooth dimana masyarakat dapat foto gratis dan stand kuliner yang melibatkan penjual kaki lima di lingkungan museum dan ibu PKK kelurahan Cilandak Barat yang dibagikan ke pengunjung secara gratis dengan syarat pengunjung membuat publikasi mereka dalam kegiatan Gerebek Museum Basoeki Abdullah di sosial media pengunjung. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar