Latihan Bersama Taruna dan Praja dibuka Panglima TNI

Panglima TNI Andika saat memberi keterangan pers

KBRN, Mataram: Latsitarda (Latihan Integritas Taruna Wreda) Nusantara atau salah satu kegiatan akademi Taruna Akademi TNI dan Taruna Akpol tingkat akhir dibuka Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Sabtu (14/5/2022) di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB.  Andika menegaskan, bahwa Latsitarda adalah kegiatan terintergasi dengan pembangunan daerah yang menjadi lokasi pelaksanaan Latsitarda tahun ini. 

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam  amanat sebagai Inspektur Upacara Upacara Pembukaan Latsitarda Nusantara ke-42 tahun 2022 mengatakan, Latsitarda tahun ini menekankan tentang pentingnya integrasi antara Taruna, Praja, dan mahasiswa bersama pemerintah daerah dan pemerintah provinsi membangun infrastruktur dan membangun sumber daya manusia. 

“Melalui kerja sama tersebut masing-masing peserta akan mendapatkan hal yang tak sekadar bekerja melainkan kesempatan belajar di masa sekarang untuk masa datang yang perlu dirancang dari sekarang,” sebut Andika.

Latsitarda sendiri akan berlangsung 14 Mei sampai dengan 11 Juni 2022 di Kota Mataram, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Upacara Pembukaan Latsitarda Nusantara ke-42 Tahun 2022 dimulai pukul 10.00 Wita. Bertugas sebagai Komandan Upacara Kolonel Infantri Franz Yohanes Purba. Bertugas sebagai Perwira Upacara Letkol Pom Andi Sultan. 

Latsitarda Nusantara merupakan salah satu kegiatan akademik Taruna Akademi TNI dan Taruna Akpol tingkat akhir. Kegiatan ini  adalah tugas akhir yang wajib dipenuhi oleh Taruna karena menjadi salah satu aspek penting dalam penentuan kelulusan Taruna, sebelum dilantik menjadi perwira TNI-Polri oleh Presiden pada Juli 2022 mendatang.

Latsitarda Nusantara tahun ini diikuti oleh 1197 orang, terdiri dari 229 pendukung dan taruna Akmil 287 orang, AAL 106 orang, AAU 108 orang, Akpol 246 orang, 100 Praja IPDN serta 100 orang mahasiswa dari NTB. 

Tujuan dari pelaksanaan Latsitarda Nusantara adalah dalam rangka memberikan kesempatan kepada para Taruna dalam mengaplikasikan pegetahuan dan keterampilan yang mereka dapat selama di pendidikan untuk selanjutnya didarmabhaktikan di luar Akademi masing-masing. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar