Relokasi PKL Malioboro Akhir Bulan Ini

Seorang pekerja berjalan di lokasi los relokasi pedagang kaki lima Malioboro, Yogyakarta, Selasa (4/1/2022). Pemda DI Yogyakarta dan Pemkot Yogyakarta berencana memindahkan 1.700 PKL Malioboro di eks gedung bioskop Indra dan eks Dinas Pariwisata DIY pada Januari 2022. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/tom.

KBRN, Jakarta: Presidium Paguyuban Kawasan Malioboro (PKM) Sujarwo menyatakan PKL di Malioboro tetap direlokasi akhir bulan ini.

"Ujung dari perjuangan teman-teman minta ditunda tidak berhasil, relokasi dilakukan akhir bulan ini," kata Sujarwo kepada Pro3 RRI, Rabu (26/1/2022).

Menurutnya, teman-teman PKL memang menerima direlokasi, hanya saja meminta waktu penundaan.

"Tidak menolak relokasi, tetapi minta penundaan ini melalui dialog secara baik, bagi pedagang penundaan sedikit waktu memiliki nilai ekonomi," ujarnya. 

Ia menyebut, harapan dari sebagian PKL Malioboro tidak tersampaikan.

"Meskipun proses berlangsung, tapi sudah clear ya, clear itu jadi harapan dari sebagian teman PKL tidak tersampaikan," tandasnya.

Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tetap memulai tahapan relokasi pedagang kaki lima dari Jalan Malioboro.

Tahapan itu dimulai dengan kegiatan wilujengan (syukuran) pada hari ini, Rabu (26/1/2022). Sedangkan pemindahan baru berlangsung pada 1 Februari 2022.

Wilujengan berlangsung di lokasi relokasi PKL Jalan Malioboro yaitu gedung bekas Bioskop Indra dan bekas Gedung Dinas Pariwisata DIY.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar