Komunitas Peduli Kampung Sendiri, Peduli dan Berkomitmen

Foto: ( Dok. Ist )

KBRN, Cilacap: Warga Cilacap patut berbesar hati dengan diresmikannya Komunitas Peduli Kampung Sendiri (KPKS) di Kabupaten Cilacap, Sabtu (22/1/2022).

Dewan Pembina Nasional Komunitas Peduli Kampung Sendiri Yanuar Arif Wibowo mengatakan, KPKS digerakkan anak-anak muda peduli, kreatif, berkomitmen, mengambil peran, serta berkolaborasi dengan seluruh perangkat di lingkungan. 

"KPKS menghimpun semua potensi lokal (buttom up) untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat dan pembangunan secara mandiri dengan prinsip gotong-royong. Masyarakat sebenarnya punya banyak solusi terhadap permasalahan mereka sendiri, sehingga tidak melulu terpaku pada pemerintah yang mungkin juga memiliki keterbatasan. KPKS siap menjadi jembatan untuk membantu dan mengadvokasi, serta mendampingi masyarakat," ungkap Yanuar.

Komunitas baru warga Cilacap ini langsung gerak cepat (Gercep) menyalurkan paket bantuan sembako bagi korban banjir di Desa Tarisi, Kecamatan Wanarejo yang diterima langsung oleh kepala dusun.

Menurut Yanuar KPKS sudah diresmikan di sejumlah daerah. Di level Provinsi Jawa Tengah, KPKS sudah dilaunching pada November 2021, dan hari ini Kabupaten Cilacap resmi menghadirkan KPKS sebagai ruang pemberdayaan masyarakat yang berangkat dengan prinsip gotong, sinergi, dan kolaborasi.

Menurut Yanuar, KPKS ingin mengokohkan budaya gotong royong yang sejatinya telah menjadi karakter bangsa Indonesia dalam berbagai bidang. Dengan gotong royong adalah, diyakini akan lahir solusi dari setiap permasalahan masyarakat dihadapkan pada keterbatasan pemerintah dan institusi resmi negara. 

"Bagian dari langkah konkrit gotong royong dan kolaborasi tersebut kita langsung gerak cepat menyalurkan bantuan untuk saudara-saudara kita yang tertimpa musibah banjir di Desa Tarisii Kecamatan Wanareja," terangnya.

Sementara itu, Koordinator KPKS Cilacap Agus Suwanto mengatakan, dirinya berkomitmen menghimpun sebanyak mungkin peran aktif pemuda Cilacap dalam KPKS. 

Untuk itu KPKS Cilacap memfokuskan kegiatan pada sejumlah bidang, antara lain sosial dan lingkungan; pendidikan dan kesehatan; pemuda dan olahraga; seni dan budaya; serta advokasi pelayanan publik. Untuk merealisasikan kegiatannya, KPKS Cilacap akan membentuk relawan secara berjenjang dari tingkat RT, RW, dan Kelurahan di bawah arahan 24 koordinator kecamatan yang hadir hari ini. 

"Sekretariat dan para relawan akan menjalin komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi dengan tokoh masyarakat, kepala lingkungan, dan pemerintahan setempat untuk membantu dan mengadvokasi masyarakat. Semoga inisiatif ini bermanfaat bagi masyarakat Cilacap," pungkas Agus.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar