BP2MI Entikong Ungkap Pemulangan WNI Alami Penurunan

Ilustrasi PLBN Entkong (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Koordinator Pos Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Entikong, Angga Atmajaya mengungkapkan pemulangan Warga Negara Indonesia dari Malaysia menuju Indonesia dalam dua hari belakangan ini mengalami penurunan.

"Memang minggu lalu itu meningkat cukup tajam sehari bisa mencapai seratus lima puluh lebih, namun dua hari belakangan ini cukup menurun dan sudah di bawah seratus orang," ungkap Angga melalui wawancara Pro3RRI, Jumat (21/1/2022).

Angga mengatakan bahwa fenomena ini sudah diprediksikan dari awal, karena tren ini bisa dipastikan akan bertumpuk pada minggu pertama diawal WNI menerima upah gaji.

"Jumlah ini sudah kami prediksikan jadi fenomena ini terjadi antara minggu kedua dengan minggu ketiga, karena di minggu pertama mereka itu uang gajian setelah itu mereka pulang ke Indonesia, jadi setiap bulan jika kita lihat trennya itu terjadi saat minggu kedua," kata Angga. 

Sementara untuk protokol kesehatan Covid-19, termasuk test PCR kedatangan Angga mengatakan hal itu terus diberlakukan hingga saat ini dan tidak ada perubahan sama sekali. 

"Untuk test kedatangan memang test PCR sudah dilakukan sangat baik oleh Satgas Covid-19, untuk yang positif saat ini tercatat 27 orang dan dikarantina di Entikong dan itu di karantina berbeda dari penyintas biasa," jelasnya.

Bahkan sejauh ini Angga menyatakan bahwa belum ada WNI yang terdeteksi varian baru Covid-19 Omicron. Dan mereka yang dinyatakan positif masih dalam varian yang biasa atau Covid-19 dengan varian yang lalu.

Sebagai informasi, pada Kamis (20/1/2022) kemarin Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek langsung penerapan protokol kesehatan (prokes) dan prosedur pelaksanaan karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kalimantan Barat (Kalbar). 

Dalam hal ini Tri Brata (TB) 1 memastikan tidak ada penyebaran Omicron dari PPLN di lokasi tersebut. Selain itu, penggunaan Aplikasi Monitoring Karantina Presisi itu akan diperkuat di pintu masuk wilayah Indonesia. 

Antara lain, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Bandara Juanda, Bandara Sam Ratulangi, Pelabuhan Batam, Pelabuhan Tanjung Pinang, Pelabuhan Nunukan, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, PLBN Entikong, dan PLBN Motaain.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar