Pemkab Tasikmalaya Mitigasi Warga Agar Tidak Panik Hadapi Bencana

Ilustrasi (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin meminta agar masyarakat tidak perlu panik berlebihan dalam menanggapi informasi bencana yang terjadi di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Khusus untuk masyarakat Tasikmalaya, apalgi di pesisir pada saat ada informasi apapun dimohon untuk tetap tenang, supaya jika ada  hal-hal yang tidak diinginkan setidaknya itu bisa membuat kita relatif tidak menjadi kepanikan yang berkelanjutan," ujar cecep melalui wawancara Pro3RRI, Selasa (18/1/2022).

Namun dalam hal ini Cecep meminta agar kewaspadaan menjadi hal utama di kondisi saat ini. Terutama pada masyarakat yang berada di pesisir selatan Tasikmalaya. 

"Kami sudah menerima informasi dari BPBD Kabupaten tasikmalaya, dan dengan adanya informasi tersebut menjadikan perhatian kami untuk menganstispasi langkah-langkah yang harus dilakukan," jelas Cecep.

Melalui media setempat seperti radio daerah, pemerintah Tasikmalaya akan memberikan informasi terkait upaya dan juga edukasi terhadap masyarakat yang tinggal di pesisir agar bisa mewaspadai hal yang tidak diinginkan. 

"Tentu ikhtiar kami pertama, hari ini kami akan coba sampaikan informasi yang kami terima melalui media atau radio lokal untuk menjadikan warning untuk masyarakat," jelasnya kembali.  

"Kalau di pesisir banyak yang menggunakan radio untuk mendapatkan informas," tutupnya. 

Sebagai informasi, gempa yang terjadi di Banten beberapa waktu lalu menyebabkan sejumlah aderah mendapatkan dampak getaran yang begitu besar dirasakan. 

Maka dari itu, saat ini Pemerintah Daerah khususnya Tasikmalaya berupaya untuk memitigasi bencana kepada warganya yang berada di pesisir sealatan tasikmalaya untuk mewaspadai gempa berkelanjutan yang berdampak juga kepada tsnuami yang akan diterjadi dilautan sekitar laut Jawa. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar