Gajah Liar Rusak Kebun Warga Indragiri Hulu

Kebun warga rusak setelah gajah liar masuk

KBRN, Pekanbaru: Dua ekor gajah liar merusak kebun warga di empat desa Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. 

Kabid Wilayah I Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Andri Hansen Siregar mengatakan, bahwa kawanan gajah liar masuk dan merusak kebun kelapa sawit warga pada Jumat (14/1/2022) hingga Minggu (16/1/2022). 

“Tim bersama masyarakat turun ke lokasi lahan dan kebun yang dirusak oleh satwa gajah liar. Jejak dan kotoran satwa gajah liar ditemukan tim di lokasi," ujar Hansen ketika dikonfirmasi, Selasa (18/1/2022) pagi. 

Menurutnya, tim berusaha menghalau gajah dari kebun dengan cara manual menggunakan ranting kayu. Namun, tim kesulitan melakukan upaya penggiringan. 

"Banyaknya pemukiman warga dan lahan perkebunan kelapa sawit serta tanaman padi yang sebagian siap dipanen oleh pemiliknya, menjadikan tim sulit bergerak melakukan penggiringan," lanjut Hansen. 

Hansen mengimbau warga untuk tidak berbuat anarkis yang dapat melukai gajah tersebut. 

"Tim melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang dijumpai dan menyampaikan bahwa satwa gajah merupakan salah satu satwa liar yang dilindungi dan sudah hampir punah, sehingga menghimbau agar warga tidak anarkis terhadap satwa tersebut," imbaunya. 

Dari hasil pemantauan pergerakan, gajah sudah menjelajah beberapa desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Pelalawan. 

Terakhir dua ekor satwa tersebut berada di Desa Kp. Baru, Kecamatan Batang Cenaku yang sebelumnya sudah mendekati perbatasan Riau- Jambi diperkirakan kembali mengarah ke Kecamatan Batang Peranap. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar