Kapal Pencari Ikan di Ternate Akhirnya Ditemukan

Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, melakukan pencarian terhadap kapal nelayan KM Imanuel 14 berpenumpang sembilan orang dilaporkan mengalami mati mesin di Perairan Batang Dua Kota Ternate. (ANTARA/Abdul Fatah)

KBRN, Jakarta: Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah menyatakan bahwa kapal KM Imanuel 14 yang sebelumnya dilaporkan mengalami mati mesin di perairan Ternate pada Minggu (16/1/2022) kemarin, akhirnya ditemukan.

"Pada 16 Januari kantor SAR Ternate memberangkatkan tim SAR gabungan dengan menggnakan kapal KN SAR 237 Pandudewanta, pada pukul 13.10 WIT dan pada pukul 16.20 WIT Kapal berhasil menemukan kapal KN Imanuel 14," kata Arafah melalui wawancara Pro3RRI, Senin (17/1/2022).

Rencananya, pagi ini Arafah menjelaskan bahwa kapal KM Imanuel 14 yang merupakan kapal pencari ikan tersebut akan ditarik oleh tiga kapal lain yang sedang menuju ketempat.

"Direncanakan pagi tadi KM Pandudewanta sudah kembali lagi pada pukul 07.40 untuk dilakukan proses evakuasi, dan akan dilakukan penarikkan dari kapal perusahaan ikan tersebut, karena saat ini tiga kapal menuju ke lokasi KM Imanuel 14," jelas Arafah. 

Arafah mengatakan bahwa proses evakuasi sendiri butuh waktu kurang lebih enam jam, karena perjalanan menuju ketempat kapal mati mesin membutuhkan waktu 3 jam 50 menit.

"Untuk perjalan kurang lebih 3jam 50 menit," ujarnya. 

Pada saat ditemukan, ia mengatakan bahwa kesembilan orang yang berada di dalam kapal dalam kondisi baik. 

"Untuk kesembilan orang berada di dalam kapal dengan kondisi sehat karena kapal baru melaksanakan pencarian ikan dan kapal mengalami mati mesin dan mereka sedang perbaikkan mesin yang rusak," pungkasnya. 

Sebelumnya diketahui, kapal penangkap ikan dilaporkan hilang adalah KM Imanuel 14. Kapal yang mengangkut sembilan orang penumpang itu dilaporkan hilang setelah mengalami mati mesin di Perairan Batang Dua, Kota Ternate, pada Minggu (16/1/2022) kemarin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar