TransJakarta Libatkan KNKT Audit Jajarannya

KBRN, Jakarta: PT Transjakarta melibatkan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan audit terhadap kecelakaan berulang yang belakangan terjadi pada armadanya.

Direktur Utama PT Transjakarta Mochammad Yana Aditya mengatakan proses audit akan dimulai pada Selasa 7 Desember 2021. 

"Kita harapkan nanti, kan akan kita mulai selasa nanti," jelasnya ketika ditemui dalam rapat bersama Komisi B DPRD DKI Jakarta, Senin (6/11/2021).

Meski tak merinci kapan pastinya audit berlangsung berapa lama, Ia menekankan nantinya hasil audit akan diumumkan dan digunakan sebagai acuan pihaknya dalam melakukan perbaikan. 

Selain itu, pihaknya kata Yana juga melakukan pemeriksaan terhadap internal TransJakarta. Pemeriksaan itu menurutnya dilakukan oleh satuan pengawas internal yant dimiliki pihaknya. 

"Jadi kita juga melakukan pengecekan internal, siapa sih, fungsi mana sih yang akan atau sebenarnya bertanggung jawab. Nah itu sedang kita lakukan dari satuan pengawas internal, kalau misalnya nanti ditemukan kan harus ada bukti semuanya, tidak hanya sekedar statement," tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam forum itu memaparkan ada sebanyak 248 kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus Transjakarta selama periode September 2021 hingga Desember 2021. 

Meski demikian, Syafrin mengaku tak tinggal diam, tapi langsung melakukan pembinaan pramudi hingga inspeksi terhadap kendaraan bus TransJakarta. Termasuk melakukan pemeriksaan terhadap sopir sebelum mulai mengangkut penumpang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar