Jokowi Akan Tunjukkan Restorasi Mangrove di G20

Presiden Joko Widodo Meninjau Mangrove Conservation Forest di Badung, Bali, pada Kamis (02/12/21). Dok : Youtube Sekretariat Presiden

KBRN, Badung: Presiden Joko Widodo (Jokowi), meninjau langsung lokasi Mangrove Conservation Forest yang ada di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Kamis (02/12/21). Dalam peninjauan tersebut, Kepala Negara didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. 

Usai peninjauan, Presiden Jokowi mengatakan, Mangrove Conservatioan Forest akan menjadi salah satu lokasi yang akan ditunjukkan Indonesia kepada para pemimpin G20. 

"Tempat yang ingin kita tunjukkan yaitu hutan mangrove bersama persemaian mangrove, yang nanti akan kita tunjukkan bahwa Indonesia miliki komitmen kuat dalam rangka perubahan iklim," tegas Presiden Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis (02/12/21). 

Presiden Jokowi menyebutkan, keseriusan Indonesia dalam bentuk restorasi dan rehabilitasi hutan mangrove dan lahan-lahan kritis merupakan bagian dari keseriusan Indonesia dalam menindaklanjuti perubahan iklim dunia.   

"Dan ini akan menunjukkan keseriusan kita, merestorasi hutan mangrove, merehabilitasi hutan mangrove, merestorasi hutan gambut, merestorasi lahan kritis yang ada di negara kita," tambah Presiden Jokowi. 

Baca Juga: Tiga Isu Prioritas Presidensi G20 Indonesia

Presiden Jokowi juga mengungkapkan, keseriusan Indonesia ini harus diketahui dunia, utamanya para pemimpin negara-negara anggota G20, bahwa kontribusi Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim nyata.

"Saya rasa komitmen itu yang ingin kita tunjukkan secara konkret, secara real di lapangan," jelas Jokowi lebih lanjut. 

Jokowi pun menyatakan, dirinya nanti sebagai pemegang Presidensi G20 tentu akan membawa para pemimpin G20 ke Mangrove Conservation Forest.

"Nanti 20 kepala negara akan kita ajak semuanya ke sini," pungkas Jokowi. 

Menjadi Presidensi G20, Indonesia tentu akan menyelenggarakan berbagai macam kegiatan, diantaranya pertemuan tingkat KTT, pertemuan tingkat menteri, hingga side event lainnya.

Presiden Jokowi akan mengundang para kepala negara anggota G20 untuk datang mengunjungi Indonesia. Kepala Negara menyatakan, Indonesia akan menyambut kedatangan delegasi G20.

"Saya mengundang para delegasi untuk datang ke Indonesia untuk melihat keindahan alam Indonesia, untuk menyaksikan keunikan keragaman budaya Indonesia dan merasakan keramahtamahan masyarakat Indonesia. Kami akan menyambut bapak ibu semua dengan kegembiraan dan tangan terbuka. Selamat datang di Indonesia," ungkap Jokowi dalam sambutan Opening Ceremony Presidensi G20 Indonesia, pada Rabu (01/12/21).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar