Puncak Merapi Hujan, Banjir Lahar di Kaliworo

KBRN Klaten: Banjir lahar hujan terjadi di alur sungai Kaliworo Sidorejo Kemalang Klaten Rabu (1/12/2021) petang sekitar pukul 15.30 WIB . 

Aliran di sungai Woro itu terjadi karena sebelumnya di kawasan puncak Merapi terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan berlangsung lama.

Koordinator relawan Sidorejo Sukiman kepada wartawan mengatakan  aliran banjir lahar hujan itu terjadi cukup lama lebih dari satu jam bahkan sejumlah truk terjebak tidak bisa keluar karena jalan tergerus banjir yakni di atas Dam Karangwutan perbatasan Balerante Sidorejo.

“Ada truk ga bisa keluar karena jalurnya tergerus. Terus ada satu truk tidak hanyut tapi terkena pasir. Itu di sebelah utara Dam Karangwutan perbatasan balerante dengan Sidorejo,” ungkap Koordinator Relawan Sidorejo Sukiman.

Sukiman menyebut, aliran di Kaliwaro  pada Rabu petang tersebut merupakan yang paling besar pada musim penghujan kali ini. 

Ia juga menilai hujan deras yang terjadi diwilayah itu juga memperparah jalan evakuasi yang sebelumnya dalam kondisi rusak.

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Klaten membenarkan terjadi aliran di Sungai Woro. 

Sekretaris BPBD Klaten Nur Cahyono Suharto mengatakan akibat hujan daerah itu sejumlah titik di kawasan itu terjadi longsor seperti di wilayah Desa Tegalmulyo.

Sejauh ini kata Nur Cahyono Suharto tidak ada korban jiwa.

"Berdasarkan laporan ada titik longsor di Lampung Pajegan, Grintingan dan Genteng," katanya kepada RRI.

BPBD kini masih melakukan pendataan terkait bencana tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar