FOKUS: #PPKM

Malam Apresiasi RRI, Pahlawanku Inspirasiku

Pahlawanku Inspirasiku, Malam Apresiasi Budaya untuk Pahlawan. (Dok. RRINET)

KBRN, Jakarta: Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia LPP RRI menggelar malam Apresiasi Budaya untuk Pahlawan versi RRI di Auditorium Abdulrahman Saleh Gedung RRI Jakarta, Selasa (30/11/2021), dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2021. 

Dalam acara ini, Direktur Program dan Produksi LPP RRI Soleman Yusuf mengatakan bahwa ada tiga kategori dalam pemilihan pahlawan inspiratif versi RRI.

"Pertama, kategori Tokoh Keragaman. Kedua, kategori Karya Seni Inspiratif, dan yang Ketiga, kategori Tokoh Pembangkitan Kewirausahaan," ujar Soleman Yusuf, Direktur Program dan Produksi LPP RRI yang juga sebagai penanggungjawab kegiatan tersebut, kepada RRI.co.id, Selasa (30/11/2021).

Selain ketiga tersebut, Anugerah Khusus Pahlawan Inspiratif 2021 juga diberikan RRI kepada Prof. Drh. Wiku Bakti Bawono Adisasmito M.Sc, Ph.D (Juru Bicara dan Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) yang bersamaan dengan Jend. (Purn) TNI Dono Monardo sebagai kepala BNPB dan seluruh Satgas yang menangani Pandemi Covid-19. 

"Prof. Wiku terpilih karena dedikasi dan pengorbanan serta waktu yang tidak kenal lelah dalam menangani Pandemi Covid-19 di Indonesia," tuturnya. 

Kedua tokoh tersebut dipilih oleh tiga Dewan Juri, masing-masing Romo Benny Susetyo (Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila BPIP), Dr. Ahmad Suaedy, MA, Hum, (Dekan Fakultas Islam Nusantara Unusia Jakarta) dan Ester Jusuf, SH, M.Si (Ahli Patologi Sosial).

Adapun tiga peraih Penghargaan Pahlawan lainnya masing-masing diterima oleh KH. Abdul Muhaimin dari Yogyakarta untuk kategori Tokoh Keragaman.

Kemudian Ni Nyoman Tjandri dengan Tari Arja Bali meraih kategori Karya Seni Inspiratif dan untuk kategori Tokoh Pembangkit Kewirausahaan direbut Gestianus Sino dari Kupang, NTT.

"Mekanisme pemilihan melibatkan seluruh RRI di daerah dengan dikoordinir oleh 17 Koordinator Wilayah (Korwil) RRI di Indonesia dalam memilih tokoh Pahlawan Inspiratif tersebut," jelasnya. 

Selain itu, Malam Anugerah Pahlawan Inspiratif versi RRI ini juga dimeriahkan oleh artis nasional ternama Indonesia seperti Iwan Fals, Marcell, Sarah Fajira dan Pandji Pragiwaksono, serta juara bintang Radio Dorkas, Yollanda dan Hasca Safira, diiringi band ternama Dwiki Dharmawan. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar