Indonesia Tidak Impor Beras Karena Stok Aman

Presiden Joko Widodo memberi keterangan pers usai menanam padi di Kabupaten Trenggalek, Selasa (30/11/21). Dok : Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo mencoba mesin penanam padi di lahan seluas 75 hektare. Dok : Youtube Sekretariat Presiden

KBRN, Trenggalek: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, Indonesia hingga saat ini belum mengimpor beras dari luar negeri.

Stok beras nasional, menurut Kepala Negara masih sangat cukup. Penegasan ini disampaikan Presiden usai melakukan penanaman padi di Kabupaten Trenggalek, Selasa (30/11/21). 

"Kita semua tahu bahwa tahun ini tahun 2021 sampai hari ini (30/11/21), kita belum melakukan impor beras sama sekali. Dan kenyataannya stok kita masih pada posisi yang sangat baik," ujar Presiden Jokowi yang disaksikan para petani dan juga Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. 

Presiden Jokowi menjelaskan, stok beras yang sangat mencukupi ini merupakan buah dari produktivitas para petani yang meningkat dan didukung oleh infrastruktur berupa bendungan yang beroperasi di berbagai wilayah. 

"Saya rasa ini adalah sebuah tambahan produktivitas dari petani yang dihasilkan karena memang banyak sekali bendungan-bendungan yang telah selesai dibangun pada tahun-tahun sebelumnya. Ini mulai keliatan hasil produktivitas kenaikan di petani, sehingga memunculkan total produksi (di) seluruh tanah air naik," ungkap Kepala Negara yang disambut dengan tepuk tangan para petani. 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga mendengarkan langsung keluhan dan masukan dari para petani di Kabupaten Trenggalek. Karenanya Presiden Jokowi langsung memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul yasin Limpo untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Produksi padi di Kabupaten Trenggalek pun diharapkan dapat meningkat drastis setelah Bendungan Tugu resmi berperasi pada hari ini. 

"Kita harapkan dengan Bendungan Tugu yang sudah selesai dan bisa dimanfaatkan, tadi para petani menyampaikan sekarang ini bisa panen 2 kali padi dan 1 kali palawija. Dengan adanya Bendungan Tugu, airnya sudah mengalir ke sawah-sawah di sini akan bisa panen padi 3 kali dan palawija sekali. Sehingga, produktivitas setiap hektar yang ada di Kabupaten Trenggalek ini bisa naik secara drastis," pungkas Presiden Jokowi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar