FOKUS: #PPKM

Varian Omicron, Sandiaga Tegas Evaluasi Kedatangan Wisatawan

Warga Negara Asing (WNA) berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (29/11/2021). Pemerintah memberlakukan larangan WNA dari Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia dan Hongkong untuk masuk ke wilayah Indonesia guna mencegah masuknya varian COVID-19 B.1.1.529 atau Omicron dan mewajibkan karantina selama 14 hari bagi penumpang yang berkunjung dari negara tersebut, sedangkan penumpang dari selain negara tersebut wajib karantina selama tujuh hari. ANTARA FOTO/Fauzan

KBRN, Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan, pemerintah akan mengevaluasi daftar negara yang diizinkan masuk ke Indonesia.

Hal ini menyusul dari munculnya varian baru Covid-19 Omicron yang ditemukan di benua Afrika pada awal November 2021 ini.

Menparekraf RI, Sandiaga Uno (Dok. Kemenparekraf) 

"Prihatin kita ada varian baru, dan ini saya baru mendapat briefing, varian ini bukan turunan dari delta, tapi merupakan varian baru yang perlu kita sikapi secara betul-betul dan hati-hati. Ini disebut sebagai varian Omicron," kata Sandi dalam weekly press briefing secara virtual, seperti dikutip RRI.co.id, Senin (29/11/2021).

Tingkat penyebaran varian Omicron diprediksi sangat cepat.

BACA JUGA: Sepuluh Negara Afrika dan Hong Kong, Diwaspadai

Sandi mengatakan, untuk tetap memastikan bahwa pengendalian Covid-19 rendah dan terkendali, pemerintah kembali mengeluarkan sejumlah kebijakan, termasuk evaluasi daftar negara yang masuk ke Indonesia.

"Salah satunya adalah pembaharuan daftar negara. Pemerintah akan melakukan evaluasi pembukaan wisata untuk wisatawan mancanegara secara berkala dan ini akan dikoordinasikan dengan Kemenkomarves dan Kementerian Luar Negeri," ujarnya.

Sebelumnya, Satgas Penanganan Covid-19 mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 23 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Covid-19.

Ketua Satgas Covid-19 mengungkapkan, dalam mengantisipasi masuknya varian Omicron, Pemerintah Indonesia membatasi akses 11 negara.

"Warga negara asing yang pernah atau berasal dari negara Afrika Selatan, Botswana, Lesotho, Eswatini, Mozambik, Malawi, Zambia, Zimbabwe, Angola, Namibia, dan Hong Kong, atau pernah tinggal di negara tersebut dalam kurun waktu 14 hari, ditutup untuk masuk ke Indonesia," kata Suharyanto saat menyampaikan keterangan pers virtual, seperti dikutip RRI.co.id, Minggu (28/11/2021) malam. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar