HGN, Guru Honorer Berharap Tunjangan

KBRN, Jakarta: Di momentum Hari Guru Nasional (HGN) 2021, para guru honorer meminta pemerintah memperhatikan dan memberikan kesejahteraan dalam bentuk tunjangan kinerja daerah (TKD) seperti diperoleh para guru PNS.

Guru honorer di SMP 85, Pondok Labu Jakarta Selatan Hally Gunawan berharap pemerintah dan Pemda dapat memperhatikan kesejahteraan tunjangan guru honorer. 

Menurutnya, selama ini dirinya melakukan dan juga mengerjakan tugas tugas yang juga dikerjakan oleh guru PNS. Namun dirinya dan guru honorer lainya hanya mendapat gaji bulanan tanpa ada tambahan tunjangan.

"Jangan ada kesenjangan, tugas guru honorer sama dengan PNS. Sedangkan kita nggak dapat tunjangan. Kalau PNS ada tunjangan dari kinerja. Kalau kita juga ada dari Kepala Sekolah (Kepsek) tapi kerja kita sama kaya PNS. kita nggak dapetin," kata guru mata pelajaran Agama Kristen ini saat ditemui RRI.co.id di SMP 85  Pondok Labu, Kamis (25/11/2021). 

Senada dengan Hally, Taufik guru honorer mata pelajaran Agama Islam di SMP 85 mengaku, selama ini dirinya dan para guru honorer SMP 85 menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang sama dengan para guru PNS. Namun tunjangan seperti TKD tidak pernah mereka dapatkan. 

Dirinya berharap, di hari guru ini, ada harapan untuk para guru honorer untuk dapat lebih diperhatikan nasibnya oleh  pemerintah. Pasalnya, guru honorer juga memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. 

"Tupoksi kita sama mengapa dibedakan. Kami minta kesenjangan dihilangkan. Sama-sama jadi guru, sama ngajarnya, waktunya, mendidik anak-anak juga sama, kenapa kami dibedakan," ujar Taufik yang sudah mengajar sejak 2008 ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00