Longsor di Badingkayu Jembrana, Timbun Jalan Desa

KBRN, Jembrana: Tanah longsor terjadi di Dusun Badingkayu, Desa Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali Rabu (25/11/2021) malam.

Material longsoran tebing dan pepohonan menutup jalan utama desa yang menghubungkan antar dusun.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun akses jalan yang sejatinya merupakan jalan pintas satu arah, harus dialihkan ke jalan di bawahnya. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jembrana, I Putu Agus Artana Putra mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari desa terkait musibah yang diduga akibat hujan deras pada Rabu malam.

"Dari hasil pengecekan tanah longsor menutup akses jalan pada short cut di Banjar Bading Kayu, Desa Pengeragoan. Lebar longsoran tujuh meter dan panjang 12 meter dengan ketebalan timbunan tiga meter," kata Agus Artana, Kamis (25/11/2021).

Penanganan untuk pembersihan, menurutnya, tidak bisa dilaksanakan dengan cara manual. Sehingga  BPBD berkoordinasi untuk mendatangkan alat berat guna pembersihan. 

"Rencana penanganan dengan alat berat mulai Jumat besok (26/11/2021) dan untuk pemangkasan kayu hari ini," katanya. 

BPBD juga telah mengkoordinasikan dengan kehutanan untuk ijin pemangkasan mengingat pohon itu masuk dalam kawasan hutan lindung (GSG).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00