FOKUS: #TANGGAP BENCANA ALAM

Persi: BOR Covid-19 di RS Dibawah 10 Persen

KBRN, Jakarta: Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) mencatat keterisian tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 di Indonesia berada di bawah 10 persen.

"Kami saat ini BOR yang ada di rumah sakit itu rata-rata sudah di bawah 10 persen, bahkan minggu lalu sekitar 6 persen hanya bed occupancy rate. Artinya apa, berarti seluruh Indonesia ini sudah cukup Alhamdulillah, ya, sudah mengalami penurunan covid yang cukup bermakna," ungkap Sekretaris Jenderal Persi, Lia G. Partakusuma dalam Dialog KPCPEN, Selasa (12/10/2021).

Meski demikian Lia mengatakan, masyarakat diminta tidak euforia dan tidak lengah dengan adanya penurunan BOR ini.

"Karena kalau kami lihat masih ada beberapa daerah yang bahkan punya bed occupancy rate masih 20 persen," kata Lia.

Adapun daerah tersebut dianyatanya Papua, Aceh dan Nusa Tenggara Timur.

Lia menambahkan, pihaknya juga mencatat angka kematian Covid-19 masih fluktuatif. 

"Angka kematian kita naik turun, antara 2 persen, 3 persen. Kemarin juga kami lihat naik ya jadi 3,38 padahal di bulan Juli kita 2,66 persen," ungkapnya.

Dia menambahkan, kalau Covid-19 bisa ditangani di hulu maka artinya sudah dideteksi sejak awal. Kemudian, dia melanjutkan, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut bisa diisolasi di tempat isolasi terpusat yang disediakan pemerintah daerah. Sehingga, dia menambahkan, kadang-kadang pasien positif Covid-19 cukup diisolasi, tak perlu dirujuk ke rumah sakit.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00