JK Imbau Seluruh Pengurus Masjid di Indonesia

Ilustrasi Ketua DMI Jusuf Kalla (tengah) di Banjarmasin. (Dok.Ist)

KBRN, Jakarta: Pembakaran di dalam rumah ibadah kembali terjadi di Masjid Raya Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (25/9/2021) dini hari.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) mengimbau para pengurus masjid di seluruh Indonesia, supaya semua waspada.

Baca juga: Jusuf Kalla Kecam Pelaku Pembakaran Masjid Raya

"Kepada jajaran pengurus masjid di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kewaspadaan dan segera melaporkan kepada yang berwenang apabila melihat hal hal mencurigakan," kata JK dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/9/2021).

Apalagi, menurut JK, kriminalisasi kepada ulama mulai marak kembali belakangan ini.

"Saya berharap kepada para pengurus Masjid di Indonesia untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan segera melaporkan kepada pihak berwenang jika melihat hal hal yang mencurigakan. Apalagi belakangan ini kriminalisasi kepada ulama mulai marak lagi terjadi," pesan JK.

Rekaman CCTV

Kebakaran mimbar di masjid tersebut terjadi, pada Sabtu 25 September 2012, sekitar pukul 01.17 WITA dini hari tadi.

Dari rekaman CCTV di lokasi, sempat merekam sebelum pelaku menutup kamera pengawas, lalu membakar mimbar masjid.

Aksi itu sempat terlihat oleh warga yang kemudian memanggil pihak keamanan masjid.

Bahkan, pelaku terlihat meloncat pagar masjid setelah membakar mimbar masjid.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana mengatakan, pihaknya telah melakukan penyelidikan terkait kasus ini.

"Kita masih melakukan pendalaman kepada terduga pelaku yang kini melarikan diri," kata Kapolrestabes Makassar di lokasi, Sabtu (25/9/2021).

Sementara kasus penyerangan terhadap ulama belakangan memang marak terjadi, seperti di Tangerang hingga di Bekasi, Jawa Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00