FOKUS: #PPKM MIKRO

Level PPKM Turun Jika Target Vaksinasi Tercapai

Petugas kesehatan menyuntikkan COVID-19 Kepala seorang warga di Sentra Vaksin Ponpes Minhaajurrosyidiin, Jakarta, Kamis (9/9/2021). Presiden Joko Widodo menargetkan vaksinasi COVID-19 bisa mencapai angka 70 persen penduduk di setiap Provinsi pada akhir tahun 2021 agar kekebalan kelompok (Herd Immunity) di Indonesia tercipta. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

KBRN, Jakarta: Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyampaikan, penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan terjadi jika jumlah cakupan vaksinasi pada suatu wilayah tercapai.

"Kita ketahui sejak minggu lalu, penentuan level PPKM ditambahkan elemen cakupan vaksinasi dosis pertama dan vaksinasi pertama untuk lansia," kata Nadia dalam konferensi pers virtual di Jakarta, seperti dikutip RRI.co.id, Rabu (22/9/2021).

Adapun syarat penurunan level 3 menjadi level 2 harus didukung dengan cakupan vaksinasi dosis pertama minimal total 50 persen dan vaksinasi dosis pertama untuk lansia minimal 40 persen.

BACA JUGA: Kemenkes: Penurunan Kasus Covid-19 Capai 40 Persen

"Sementara itu, untuk syarat penurunan level dua menjadi level satu harus didukung dengan cakupan vaksinasi dosis pertama dengan total 70 persen dan vaksinasi dosis pertama bagi lansia pada angka 60 persen," ungkap Nadia.

Kemudian, penilaian terhadap cakupan vaksinasi aglomerasi akan mengikuti kabupaten/kota dengan capaian vaksinasi terendah, seperti di wilayah Jabodetabek.

"Dikarenakan cakupan vaksinasi di Kabupaten Bogor, Tangerang, Kota Depok dan Kabupaten Bekasi belum mencapai angka 50 persen maka keseluruhan Jabodetabek belum bisa turun ke PPKM level dua," tandasnya. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00