Jakarta Dukung Pandemi Jadi Endemi Covid-19

KBRN, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengungkapkan pihaknya berharap proses transisi dari pandemi Covid-19 ke endemi di Indonesia bisa terjadi.

"Kita berharap tentunya itu bisa terjadi ya," tutur Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti di Balaikota Jakarta, Senin (20/9/2021).

Meski demikian, Widyastuti menekankan melindungi warga lewat vaksinasi, 3T (Testing, Tracing, Treatment) dan terlaksananya 5M tetap menjadi tujuan utama apapun statusnya nanti.

"Tetapi sekali lagi bahwa tetap apapun nanti statunys bahwa memastikan semua warga terlindungi melalui vaksinasi dan kita meniatkan 3t dan kita semua warga bersama denhan kita tetap menjaga terlaksananya 5m," jelasnya.

Adapun menurut ia salah satu indikator yang penting dalam transisi status tersebut ialah ketika kasusnya dapat dikendalikan dengan baik. Misalnya seperti wabah demam berdarah yang hingga kini masih ditemukan di Ibukota, namun penanganannya dapat dikendalikan.  

"Ada banyak indikator yang harus dilakukan sebagai contoh, DKI Jakarta dengan demam berdarah, itu kan karena setiap saat ada dan sudah menjadi bisa yang dikendalikan sehingga DKI Jakarta untuk demam berdarah menjadi daerah endemis demam berdarah, dimana setiap saat kasusnya ada dan bisa dikendalikan dengan baik," paparnya mengakhiri.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan akan memulai proses transisi dari pandemi ke endemi. Presiden menegaskan bahwa Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu dekat, maka dari itu masyarakat harus siap hidup berdampingan dengan virus tersebut.

“Kita harus mulai menyiapkan transisi dari pandemi ke endemi dan juga mulai belajar hidup bersama dengan Covid,” ujar Presiden usai meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 di SLB (Sekolah Luar Biasa) Negeri 1 Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Jumat (10/9/2021).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00