FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Menkes Sampaikan Dua Skenario Penanganan Covid-19

KBRN, Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyampaikan dua skenario, mengubah pandemi menjadi endemi jika penambahan kasus Covid-19 tidak lebih dari 1,9 juta setahun.

Skenario kedua, lanjutnya, yaitu bersiap masuknya varian baru Covid-19 yang berbahaya diantaranya varian Mu dan Varian C12 atau Lambda. Skenario kedua disebut kondisi darurat dimana kasus Covid-19 dalam kondisi tersebut meningkat di atas 100 persen.

"Kemenkes memiliki 2 skenario, pertama, tidak ada lonjakan lagi Pandemi menjadi Endemi, kedua, bila ada lonjakan lagi varian baru, kondisi Endemi kasus setahun 1,9 juta, sekarang sejak Maret 2020 sudah 4 juta kasus, kondisi ada lonjakan varian baru ada 3,9 kasus setahun," ungkap Budi Gunadi Sadikin dalam  rapat dengan Komisi IX DPR yang membahas perkembangan penanganan Pandemi Covid-19 di tanah air., Senin (13/9/2021).

Terkait hal itu, Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay meminta Menkes untuk fokus pada antisipasi masukkan varian berbahaya baru Covid-19, yaitu varian Mu dan varian Lambda. Politisi dari Fraksi PAN mengingat Pemerintah jangan sampai kembali terjadi lonjakan kasus Covid-19 akibat varian baru seperti sebelumnya varian Delta.

"Sekarang ada varian baru, tidak kalah berbahayanya, varian Mu dan varian C12, langkah apa dilakukan Pemerintah untuk mengantisipasi ini, jangan sampe sudah menyebar kita enggak sadar, sama kaya varian Delta kemarin, baru kita bicara di sini beberapa hari sudah meledak di banyak kota," kata Saleh Partaonan Daulay.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menegaskan, pihaknya telah memperketat sejumlah pintu masuk mulai dari perbatasan, pelabuhan, hingga bandara, untuk memastikan kembali tidak ada varian baru Covid-19 masuk ke tanah air.(QQ/imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00